Pengertian Room Attendant dalam Pelayanan
Seksi kamar (room section) merupakan bagian yang bertugas dalam hal pemeliharaan kamar–kamar
hotel. seperti kebersihan, keindahan, dan kenyamanan tamu selama tamu berada di
hotel tersebut. Room attendant ialah petugas floor section yang menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan dan kelengkapan ka
mar-kamar tamu. Room attendant harus memiliki penampilan baik dan rapi meliputi tingkah laku
kejujuran, sopan santun pada tamu,atasan maupun teman sejawat. Untuk
petugas pria disebut roomboy dan wanita disebut room maid. Selain
unsur–unsur penting itu pihak tata graha khususnya seksi kamar
dituntut untuk memberikan pelayanannya yang istimewa kepada tamu
melalui room attendant sehingga tamu merasa puas selama tinggal di hotel
dan diharapkan dapat menjadi pelanggan hotel.
Seksi ini bertanggung jawab
terhadap pemeliharaan kamar tamu hotel, yang meliputi kebersihan,
kerapian, keindahan dan kenyamanan tamu di hotel.
selain unsur-unsur penting itu pihak housekeeping khususnya seksi kamar dituntut
untuk memberikan pelayanan sebaik–baiknya sehingga tamu merasa
puas selama tinggal di hotel dan menjadi pelanggan yang
tetap (repeat guest), Untuk melaksanakan tugas dengan baik seorang roomboy harus mengetahui peraturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku
di room section.
Adapun tugas dan tanggung jawab room attendant dalam pelayanan adalah
sebagai berikut.
1. Mengelola
kamar yang
menjadi tanggung jawabnya ( dalam arti yang luas ) baik
atau buruknya kamar sangat tergantung pada room attendant, mulai dari
ketelitian, kerajinan maupun kualitas. Seorang room attendant yang rajin, teliti,
dan terampil dalam
melaksankan pekerjaannya akan dapat menghasilkan kamar
yang bersih, rapi, lengkap dan nyaman. Oleh sebab itu room attendant harus
mengerjakan kamar dengan teliti dan
memeriksa semua perlengkapan yang ada di dalamnya.
2.
Melayani tamu. Di dalam memberikan pelayanan kepada para tamu tidak dibatasi
waktunnya, sebab setiap saat tamu dapat meminta pelayanan, baik pagi, siang,
sore, maupun malam hari.
Pelayanan memiliki defenisi sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh manusia
dan untuk manusia, dalam rangka memenuhi kebutuhan - kebutuhan serta tujuan -
tujuannya sehingga membuat tamu merasa puas. Agar tamu dapat merasa puas
maka room attendant
harus dapat memeberikan
pelayanan yang berkualitas.
Pelayanan terdiri dari lima dimensi, yaitu sebagai berikut.
3.
Menjalin kerja sama dengan sesama room attendant dan seksi – seksi lain yang
berada di housekepping department,
bahkan dengan seksi
yang berada di department lain. Hal ini
perlu dilaksanakan karena industri hotel merupakan satu
kesatuan yang tidak dapat dipisahkan
yang terdiri dari beberapa department yang
masih memiliki hubungan yang erat dan tidak dapat
berjalan dengan sendirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar