Sabtu, 08 Februari 2014

Departement di hotel

DEPARTEMEN-DEPARTEMEN DI HOTEL BESERTA TUGASNYA


 

1. Marketing Departemen (Departemen Pemasaran)
Tugasnya adalah : Memasarkan beberapa hotel ke pasaran luas sesuai kebutuhannya.

2.Front Office Departemen (Departemen Kantor Depan)
Tugasnya adalah : Menjual kamar yang memenuhi syarat dan siap untuk dihuni oleh tamu hotel.

3.Housekeeping Departemen (Departemen tata graham)
Tugasnya adalah : Menyediakan sebuah kamar yang bersih dan siap dihuni oleh tamu hotel.

4. Laundry Departemen (Departemen Binatu)
Tugasnya adalah : Membantu departemen Housekeeping dalam menyediakan kebutuhan Linen (Handuk, Seprai, Selimut) untuk kamar hotel dan seragam karyawan.

5.Enggineering & Maintenance Departemen (Departemen Pengoperasian dan Perbaikan)
Tugasnya adalah : Mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki semua peralatan dalam hotel.

6. Food & Beverage Departemen (Departemen makanan dan minuman)
Tugasnya adalah : Menyiapkan makanan dan minuman di dalam hotel.

7.Finance Departemen (Departemen Keuangan)
Tugasnya adalah : Mengelola keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran hotel.

8.Personnel Departemen (Departemen Personalia)
Tugasnya adalah : Mengurusi seluruh adsministrasi  karyawan hotel.
9. Training Departemen (Departemen Pelatihan)
Tugasnya adalah : Memberikan berbagai latihan bagi karyawan hotel baik yang baru maupun yang lama.

10.Security Departemen (Departemen Keamanan)
        Tugasnya adalah : Menjaga dan mengatur sistem keamanan hotel.




FRONT OFFICE

Pengertian Front Office Department
Front Office Department  adalah suatu bagian depan dari suatu hotel, sbg penjual kamar dan sering disebut sebagai sellingroom. Dalam proses penjualan seorang front office harus dibantu oleh bagian tata graha. Dalam hubungan kerja tata graha bertindak sebagai pengemasan kamar.
Front office juga dikenal sebagai the first and the last impression of the guest. Artinya bagian inilah yang pertama dan terakhir dari tamu. Tamu akan datang ke hotel akan regestrasi dulu ke bagian front office dan pada waktu akan check out pun tamu juga berhubungan dengan staf dari front office. Jadi sudah sewajarnya jika kesan yang mendalam akan tercipta di bagian front office.
Front office juga merupakan pusat informasi dan juga hampir segala kegiatan tamu seperti penerimaan dan pengiriman surat pengurusan barang, pembayaran rekening hotel, mengenai kehilangan barang, menampung keluhan tamu dan juga tempat segala pemberian informasi baik dalam hotel maupun luar hotel.
Berikut ini adalah deskripsi pekerjaan di bagian kantor depan:
a)    Deskripsi pekerjaan Front Office Manager
Area kerja Front Office Manager meliputi front office area, executive floor, dan business center. Ringkasan pekerjaan Front Office Manager adalah menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu di area kerjanya untuk dilaporkan kepada General Manager.
Tugas pokok Front Office Manager :
1.    Menyeleksi, menempatkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
2.    Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai system komputer hotel, etika menerima telepon dan standard operasional yang ada di hotel.
3.    Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar
4.    Menyambut tamu VIP
5.    Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya
6.    Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun untung/rugi di bagian kantor depan
7.    Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan.
8.    Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan
9.    Membuat budget tahunan, menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan, rata-rata harga kamar

b)   Deskripsi pekerjaan Assistant Front Office Manager
Area kerja Assistant Front Office Manager meliputi front office, executive floor, business center.
Ringkasan pekerjaan Assistant Front Office Manager adalah  membantu kelancaran tugas di front office dan menggantikan front office manager ketika berhalangan dan mengkordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaannya
Atasan langsung Assistant Front Office Manager adalah Front Office Manager.
Tugas pokok Assistant Front Office Manager :
1.    Membantu pekerjaan Front Office Manager dalam hal kontrol dan administrasi.
2.    Membuat jadual kerja Duty Manager,Receptionist, Telephone Operator, GRO dan concierge.
3.    Memantau operasional di front office
4.    Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan concierge.
5.    Memimpin briefing pada waktu shift malam.
6.    Terjun ke operasional hotel pada saat ramai tamu
7.    Menghadiri briefing pagi manajemen hotel, mewakili Front Office Manager jika berhalangan hadir.
8.    Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan.

c)    Secretary
Sekretaris bertanggung jawab kepada manager kantor depan. Ia bertugas untuk membantu manager kantor depan dalam urusan administrasi. Selain menerima telepon dan menerima tamu pimpinan, sekretaris bertanggung jawab atas kerapian dan kebersihan ruang manager kantor depan.
d)   Chief uniformed service
Ia bertugas untuk mengawasi dan mengatur koordinasi dan pelayanan kepentingan tamu. Selain bertanggung jawab atas bellboy, doorman, dan doorkeeper, chief uniformed service bertanggung jawab atas kelancaran pelayanan barang tamu dan barang yang disimpan sementara atau lama. Tugas lain adalah pembuatan laporan harian.
Tugas pokok Chief Concierge :
1.    Memastikan bahwa semua staff di bagian concierge mendapatkan training tentang hotel sistem, etiket bertelepon, standar penampilan serta filosofi hotel.
2.    Memberikan training ke staff tentang: prosedur penanganan barang bawaan untuk tamu VIP dan rombongan,serta penanganan keluhan tamu
3.    Mengimplementasikan visi dan misi perusahaan
4.    Menyediakan peta kota, pengaturan reservasi tiket pesawat dan angkutan darat serta laut, sebagai penyedia informasi tentang aktivitas rekreasi, sosial dan keagamaan.
5.    Memastikan bahwa sarana komunikasi yang berupa papan informasi sign board) di lobby selalu benar dan akurat.

e)    Deskripsi pekerjaan Receptionist
Area kerja Receptionist ialah front desk. Pekerjaan Receptionist yaitu menangani registrasi tamu, memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani check-out tamu beserta pembayarannya.
Tugas pokok Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) :
1.    Menyambut tamu yang datang di front desk dengan ramah dan sopan.
2.    Melakukan pendaftaran tamu
3.    Mencatat uang deposit tamu untuk menginap
4.    Menangani tamu check-out
5.    Melayani penukaran mata uang asing ke mata uang lokal
6.    Memasukkan tamu yang sudah check-in dalam satu laporan harian.
7.    Menghitung dan bertanggung jawab atas uang transaksi selama staff tersebut bertugas pada hari tersebut.
f)    Deskripsi pekerjaan Guest Relations Officer
Area kerja Guest Relations Officer meliputi lobby, front office, executive lounge, kamar tamu.
Pekerjaan Guest Relations Officer yaitu mengantarkan tamu dan memberikan layanan informasi dan bantuan keperluan tamu selama tinggal di hotel. Selain itu ia bertugas mengatur dan mengoordinasi para guest relations officer, menyelesaikan masalah-masalah tamu, keluhan dan membantu yang perlu informasi, tiket, tur, dan acara lainnya.
Tugas pokok Guest Relations Officer :
1.    Memantau tamu VIP yang menginap, datang dan berangkat
2.    Memberikan informasi tentang hotel kepada tamu dan pengunjung
3.    Beramahtamah dengan tamu langganan, tamu yang menginap di lantai eksekutif dan VIP pada saat kedatangan
4.    Beramah tamah dengan tamu yang baru pertama kali datang & tamu yang menginap untuk jangka waktu yang lama(long staying guest)
5.    Membuat kartu ucapan selamat datang(welcome card) untuk tamu
6.    Menyambut tamu VIP di lobby
7.    Mengantar tamu VIP dan menjelaskan kamar yang akan ditempati tamu sambil membawakan kunci kamar.
g)   Deskripsi pekerjaan telepon Operator
Ringkasan pekerjaan telepon Operator yaitu Melaksanakan pengelolaan pelayanaan telepon/faxcimille dengan berpedoman kepada kebijakan teknis yang telah ditetapkan oleh manajemen. Atasan langsung telepon Operator ialah Front Office Supervisor
Tugas Pokok telepon Operator :
1.    Menjawab telepon yang masuk baik dari internal maupun external mentransfer langsung ke setiap extension yang dituju.
2.    Melayani menyambungkan telepon baik dari tamu atau dari departemen
3.    Memeriksa bill telepon dan menyerahkannya langsung ke FO Cashier
4.    Menangani pelayanan ”Incoming dan Outgoing”faxcimille dan langsung membuat bill tersebut
5.    Menerima dan mendistribusikan pesan untuk tamu dan departemen lain
6.    Mencocokan print out rekening telepon tamu dengan FO cashier pada setiap akhir shift
7.    Menangani permintaan tamu kamar untuk mem-blokir line teleponnya (incognito)
8.    Menjaga hubungan baik dengan tamu, rekan kerja dan departemen lain.
h)   Chief information
Selain bertanggung jawab atas information clerk, ia bertugas memberikan penerangan kepada para tamu serta melengkapi brosur dan buku informasi.
i)     F.O Casier
F.O Cashier bertanggung jawab atas manager kantor depan. Ia bertanggung jawab atas kelancaran operasional dan kelancaran dan administrasi keuangandi kasir kantor depan. Ia bertanggung jawab atas semua laporan-laporan keuangan di kantor depan
j)     Chief reservation
Bertanggung jawab kepada manager kantor depan. Ia bertanggung jawab atas kelancaran operasional dan administrasi di bagian pemesanan kamar. Kepala pemesanan kamar melaporkan secara teratur laporan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Selain sebagai pelaksana (reservation clerk), ia bekerja sama dengan bagian lain.
k)      Night manager
Menangani seluruh masalah operasional di front office pada malam hari
(NJ)




HOUSEKEEPING DEPARTEMENT

A.Tugas dan Tanggung Jawab.
            Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang bearti merawat atau memelihara. Jadi housekeepingadalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
            Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.

            Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeepingoleh karena itu  maka housekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area :
  1.    Ruang tamu (guest room)
  2.    Gang ( corridor)
  3.    Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
  4.    Ruang kantor ( office )
  5.    Locker karyawan ( employee Locker)
  6.    Toilet karyawan ( Toilet locker )
  7.    Toilet tamu ( guest toilet )
  8.    Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
  9.    Kolam renang ( swimmingpool), dan
  10. Halaman parkir ( parking area ) 
Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
   1.    Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2 Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
    3.    Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
   4.  Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.

B. Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1.   Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2.   Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3.   Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
4.   Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.
Untuk menjangkau seluruh area tersebut, housekeeping department dibagi menjadi beberapa seksi :
  1.    Seksi kamar ( Room section / Floor section)
  Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, penganturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada area corridor setiap lantai.
  Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
  a.    Floor housekeeper atau floor section manager
  b.    Floor supervisor
  c.    Room attendant
  2.    Seksi area umum ( Public area section / Houseman section)
  Seksi ini bertanngungjawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area  dan fasilitas umum yang ada di hotel. Fasilitas itu antara lain :
  a.   Lobby area
  b.   Public toilet
  c.   Restaurant
  d.  Bar
  e.  F&B outlet

  f.    Meeting / conference room
  g.  Ballroom
  h.  Bussiness center
  i.    Fitness & Health center
  j.   Swimming pool
  k.  Parking area
l l.    Outdoor and in door garden
  m.  Guest lift
  n.    Back office
  o.    Locker room
  p.    Employee corridor
  q.    Canteen
  Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
    1.      Public area housekeeper atau public area manager
    2.      Public area supervisor atau houseman supervisor
    3.      Public area attendant atau houseman
    4.      Toilet anttendat
    5.      Night cleaner
    6.      Gardener
     7.      florist
  3.    Seksi binatu (Laundry section)
Seksi ini bertanngungjawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk guest laundry, maupun house laundrydan uniform. Guest laundry adalah pakaian tamu, sedangkan house laundryadalah linen yang digunakan oleh housekeeping mau pun department lain seperti banquet service, fb

0 komentar:

Posting Komentar